Senin, 06 Desember 2010

Resume kelompok 6 (Kinerja pendidik dalam bimbingan konseling)

Resume kelompok 6 (Kinerja Pendidik dalam Bimbingan Konseling)

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua orang yang hidup. Di setiap sekolah pada umumnya terdapat guru yang fokus dengan bimbingan konseling bagi para sisiwa yang memiliki masalah dengan belajar, sekolah, dan masalah-masalah lain yang dampaknya dapat mempengaruhi prestasinya disekolah. Bimbingan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir, melalui berbagai jenis pelayanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistematik dalam memfasilitasi individu mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang efektif, pengembangan lingkungan, dan peningkatan fungsi atau manfaat individu dalam lingkungannya. Semua perubahan perilaku tersebut merupakan proses perkembangan individu, yakni proses interaksi antara individu dengan lingkungan melalui interaksi yang sehat dan produktif. Bimbingan dan konseling memegang tugas dan tanggung jawab yang penting untuk
a. mengembangkan lingkungan,
b. membangun interaksi dinamis antara individu dengan lingkungan,
c. membelajarkan individu untuk mengembangkan,
d. merubah dan memperbaiki perilaku
Adapun fungsi dari bimbingan konseling yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan termasuk kedalamnya fungsi advokasi, fungsi pemeliharaan. Dalam bimbingan konseling ada kegiatan pokok yaitu
1. Kegiatan layanan yang meliputi : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.
2. Kegiatan pendukung bimbingan dan konseling yang meliputi : Aplikasi instrumentasi, Himpunan data, Konferensi kasus, kunjungan rumah dan alih tangan kasus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar